05 Oktober 2011

KOPLING

Pada waktu kendaraan berhenti ,apabila tenaga mesin yg sngat besar dan sedang berputar di pindahkan keroda" penggerak maka kendaraan akan melompat . Sebaliknya mesin akan mati jika tenaga mesin terlalu kecil.
Oleh sebab itu ,agar pemindahan tenaga dari mesin ke roda penggerak langsung dngan lembut di perlukan suatu alat yg dsbut kopling.
Kopling mertupakan salah satu komponen pemindah tenaga yg mutlak di perlukan pada kendaraan bermotor yg di tempat kan di antara mesin dan transmisi.

Kopling berpungsi utk:
a.Memutus dan menghubungkan putaran mesin ke transmisi
b.Memperlembut pemindahan roda gii pada transmisi
c.Memperlembut gerakan awal jalannya kendaraan.

Maca-Macam Kopling:
Secara garis besar kopling dapat di bedakan sbg brikut:
1.Kopling Gesek:Modal plat:basah dan kering
:Model kerucut
2.Kopling Magnet
3.Kopling Fluida
4.Kopling Sentrifugal

Konstruksi Kopling
Jenis kopling plat tunggal kering banyak di gunakan pada mobil ,jika dari pegas yg di pakai dapat di bedakan menjadi 2 yaitu:1.Kopling dengan pegas koil
2.Kopling dengan pegas diafragma

Tidak ada komentar:

Posting Komentar